***

***

Jumat, 20 April 2012

Tujuan dari usaha Lm3


BAB III
TUJUAN DARI USAHA
3.1. Tujuan Sosial yang Akan Dicapai
a.       Menjadi basis peternakan budidaya domba di daerah setempat
b.      Melalui budidaya domba ini terpenuhinya kebutuhan masyarakat banyak.
c.       Terbantunya masyarakat dalam Pembelian daging domba dengan harga yang relatif lebih murah.
d.      Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan siswa yang telah tamat dari sekolah/pesantren.
3.2. Manfaat Utama
a.       Dengan adanya budidaya domba pembibitan (betina) ini masyarakat dan siswa memiliki domba dari hasil yang dikelolanya dan kemudian mereka mengembangkannya kembali dari hasil pembibitan dengan system pembagian bukan dalam bentuk uang namun dalam bentuk pembagian domba.
b.      Terpenuhinya kebutuhan masyarakat sekitar dan siswa baik dalam segi ekonomi, lapangan pekerjaan.
3.3. Indikator Keberhasilan
a.      Iklim
Secara geografis iklim Ciawi adalah iklim tropis yang terletak diantara  kaki bukit dengan pantai yang dilalui oleh sungai Bungbulang. Tanah yang subur dan cukup dengan kebutuhan akan air
b.      Aktifitas Masyarakat Setempat
Aktifitas perekonomian masyakat di sekitar Pesantren pada umum berusaha di bidang agribisnis (bertani, berternak dan berkebun) sehingga rencana pengembangan domba sangat direspon oleh masyarakat dan Bapak Camat Ciawi. Mudah-mudahan dengan adanya program pengembangan domba ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar khususya masyarakat yang bergerak dalam budidaya domba.
c.       Program Sekolah/pesantren
Program Sekolah/pesantren dari sekolah/pesantren dengan adanya materi kewirausahaan dan penyaluran bakat dan minat.

d.      Kebutuhan Pasar
Terhadap kebutuhan daging yang terus meningkat. Di Jawa Barat menurut data dari Dinas Peternakan Propinsi Jawa Barat dan rumah potong hewan setiap bulannya Bogor dan Jawa Barat kekurangan domba untuk konsumsi  + 100 perbulan. Untuk memenuhi kebutuhan domba mendatangkan domba dari luar Bogor.
e.       Tenaga Pengelola
Untuk budidaya domba ini dikelola oleh tenaga yang profesional dibidangnya dan telah lama berpengalaman dalam beternak domba.
f.       Pakan Ternak.
Masyarakat sekitar  yang mayoritas mata pencariannya sebagai petani dan peternak. Dengan bertani sangatlah banyak rumput yang tumbuh disektar persawahan serta banyaknya jerami padi ketika petani memanen padi.

2 komentar: